Alat-Alat Yang Diperlukan Untuk Menyablon

Halo Sobat Kaosta! Kembali lagi ditulisan kami. Kali ini kami akan membahas alat-alat yang diperlukan untuk menyablon. Penasaran? Yuk disimak! Bagi kalian yang belum mengetahui apa-apa tentang sablon, mungkin bisa membaca artikel kami yang satu ini. Perlu diketahui bahwa hampir setiap baju-baju yang anda miliki mungkin saja ada baju yang tersablon. Alat sablon manual yang paling umum digunakan sebagai berikut:

1.Screen Sablon

Screen Sablon ini merupakan peralatan sablon yang wajib dan sangat di perlukan. Screen adalah sebuah media yang berguna sebagai mengantarkan tinta sablon ke obyek sablon. Biasanya yang digunakan adalah Bentuknya balok persegi empat kemudian dipasang kain khusus. screen biasanya berukuran 30x40cm, 20×30 cm. Pada screen ada jenis lubang di sablonnya misalnya Screen yang digunakan yaitu jenis T48, T54, T61,T77, T90 dan seterusnya. harga Screen Sablon ini kisaran 30rb-50rb tergantung daerah.

Screen Sablon

2. Rakel

Rakel adalah alat yang fungsinya menggosok tinta di atas screen, tanpa rakel maka tinta tak bisa menempel ke Baju. Ada enam jenis Rakel yang sering dipakai penyablon yaitu; Rakel Lancip, Rakel lancip dengan ujung datar, Rakel kotak, Rakel bulat, Rakel miring. Di Kaosta sendiri kami memakai rakel jenis Lancip dan Rakel Kotak.

 

3. Meja Sablon

Meja sablon berfungsi sebagai tumpuan Screen dan alat yang paling utama. Di Kaosta sendiri kami memiliki 50an meja sablon jenis Thailand.

 

Meja Sablon Thailand

 

4. Tinta Sablon

Tinta Sablon merupakan bahan utama untuk menyablon. Jenis tinta sendiri ada banyak, seperti Plastisol (Doff, Glitter, Glossy), Rubber, Extender, dan masih banyak lagi. Namun yang paling umum ditemui di Kaos atau T-Shirt adalah tinta Plastisol dan Rubber.

 

Tinta Sablon (Jenis Plastisol)

 

5. Obat Afdruk

Obat Afdruk atau juga biasa di sebut Obat emulsi merupakan sebuah cairan yang sangat di perlukan untuk membuat film, Obat afdruk di oleskan pada screen setelah di campurkan dengan sensitizer, sensitizer yaitu sebuah campuran untuk obat afdruk yang berperan untuk memindahkan gambar ke screen sablon.yang sering di pakai adalah yaitu Ulano TZ, Bremol.

Obat Afdruk

6. Meja Afdruk

Meja afdruk adalah sebuah meja yang memiliki peran

untuk melakukan afdruk film sablon. meja ini seperti meja pada umumnya, namun terdapat sebuah lampu neon , atau bohlam sebagai sumber cahaya untuk kita melakukan penyinaran film sablon.

Meja Afdruk

 

7. Hairdyrer

Fungsi Hairdyer adalah untuk mengeringkan tinta pada baju, ketika baju dibuka dari meja sablon dan tintanya masih basah, maka akan merusak baju lainnya ketika ditumpuk bersama.

Hairdryer

 

8. Mesin Press

Tujuan Mesin press adalah untuk merekatkan tinta sablon ke baju agar lebih tahan lama dan tinta tidak mudah terpecah-pecah.

Mesin Press

Nah, itulah tadi alat-alat yang diperlukan untuk menyablon. Tertarik? Nantikan tulisan-tulisan kami selanjutnya yahhh!    

Untuk Order dengan fast respon : Whatsapp/HP – +62 853-9639-0618 Produk

Facebook Comments
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)